Monday, June 2, 2014

Cara Mudah Membuat Sarang Toples Budidaya Kroto Semut Rangrang

Cara Mudah Membuat Sarang Toples Budidaya Kroto Semut Rangrang - Langkah selanjutnya setelah rak dipersiapkan adalah membuat sarang budidaya. Ini adalah budidaya kroto sistem modern, maka sarang yang digunakan sudah tidak lagi menggunakan daun seperti pada habitat aslinya di alam, melainkan menggunakan toples yang dimodifikasi. Sebenarnya selain toples,  ada beberapa barang yang bisa kita gunakan sebagai sarang buatan, misalnya potongan bambu, pipa paralon/PVC, atau botol air mineral. Masing-masing bahan memiliki kelemahan dan kebaikan, kita menggunakan sarang karena memiliki banyak kelebihan dibandingkan bahan lainnya. Kelebihan penggunaan toples sebagai sarang buatan budidaya kroto bisa kita baca pada Kelebihan Sarang Toples pada Budidaya Kroto Semut Rangrang.

Cara Mudah Membuat Sarang Toples Budidaya Kroto Semut Rangrang

Cara membuat sarang semut rangrang sangat mudah, beberapa peralatan yang harus kita siapkan adalah:
  1. Toples
  2. Pisau
  3. Solder
Kita bisa menggunakan toples bekas atau bisa juga dengan membali. Sebagai contoh kita akan menggunakan toples bekas wadah jajanan, misalnya toples bekas wadah sosis sonice yang bisa kita dapatkan dengan mudah. Cara membuatnya adalah sebagai berikut:

Cara Mudah Membuat Sarang Toples Budidaya Kroto Semut Rangrang
  1. Siapkan toples
  2. Buatlah lubang dengan diameter 0,5 cm
  3. Buatlah dua buah lubang dengan menggunakan solder atau kalau tidak ada bisa kita gunakan pisau yang tajam.
  4. Jika menggunakan pisau, kita bisa membuat lubang dengan bentuk persegi dengan lebar 0,5 cm
  5. Satu lubang berada di bagian bawah toples (dalam penempatan di rak nantinya lobang ini akan berada di atas karena toples diletakkan terbalik)
  6. Satu lubang lagi berada dekat dengan mulut toples.
  7. Toples siap digunakan sebagai sarang buatan untuk ternak semut rangrang
Cara Mudah Membuat Sarang Toples Budidaya Kroto Semut Rangrang

Dua lubang ini sudah cukup untuk keluar masuk semut rangrang dalam mencari makanannya. Jika semut rangrang merasa lubang ini tidak diperlukan, maka dengan sendirinya lubang akan ditutup dengan anyamannya.

Jika lubang ini dirasa terlalu lebar untuk lalu lalang, maka semut rangrang juga akan menutupnya sebagian sesuai yang diinginkan demi kenyamanan mereka hidup di sarang toples nantinya.

Mudah bukan cara membuat sarang semut rangrang dari toples? Setelah sarang buatan telah siap, selanjutnya tugas kita adalah mencari bibit semut rangrang yang bisa kita baca pada:

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+
Tags :

Related : Cara Mudah Membuat Sarang Toples Budidaya Kroto Semut Rangrang

0 comments:

Post a Comment