Saturday, August 25, 2012

Memulai Ternak Kroto Bagian 3

Persiapan Kandang Ternak - Tangkar

Pada postingan kali ini masih membahas persiapan kandang ternak - tangkar. Kalau kemarin kita sudah bahas persiapan rak atau media yang fungsi serta kegunaannya sama dengan rak. Bisa berupa lemari yang di modifikasi, bisa juga rak yang terbuat dari plat besi / stainless steel yang di jual di toko-toko bahan bangunan...pun pula bisa dengan barang bekas rumah tangga seperti saya pakai bale bambu eks. tempat tidur.

Jangan terpaku pada tingkat mewah / kualitas = mutu rak yang di pakai tapi perhitungkan juga kuantitas dari segi hitungan orang bisnis. Buat apa rak bagus terbuat dari bahan stainless steel kalau toh hasil perbulannya dari penjualan kroto tidak bisa mengembalikan modal. Alangkah lebih baik pakai bale bambu yang kusam ( tapi tingkat kekokohan menopang ribuan bahkan ratusan ribu laskar kroto terjamin ) serta menghasilkan pundi-pundi rupiah perbulannya.

Tips : Sedikit pengeluaran banyak pemasukan. Merk bukan jaminan keberhasilan

Saran : Tekan sedikit mungkin pengeluaran untuk belanja alat-alat beternak semut rangrang penghasil kroto. Maksimalkan barang-barang bekas eks. rumah tangga milik anda sendiri atau beli di pengepul barang bekas.Fokus ke tingkat keberhasilan beternak lebih utama.

Di lanjut yach......

Sekarang kita bahas tentang Tempat Kandang Ternak - Tangkar

Kandang ternak - tangkar dalam hal ini ruangan yang kita pakai / gunakan untuk mengisolir laskar kroto kita, bisa berupa ruangan yang sudah jadi / sudah ada... menyatu dengan rumah utama tempat tinggal kita. ( kamar kosong suatu misal ) atau membuat sendiri di belakang / samping rumah. Silahkan yang menurut anda baik dan aman yang mana. 

Kenapa harus aman ? dan tingat keamanan di lihat dari sudut pandang apa ? mari kita bedah satu demi satu.

Ruangan yang kita pakai harus memenuhi kriteria sebagai berikut :

  1. Bukan area lalu lintas penghuni rumah. Biar tingkat ketenangan para laskar semut kita terjaga
  2. Bersih. dalam hal ini bersih yang di maksud sirkulasi udara serta pancaran sinar matahari bisa masuk ke ruangan.
  3. Terlindung dari terik matahari secara langsung juga terlindung dari guyuran air hujan. Dalam hal ini butuh atap kalau di luar ruangan rumah.
  4. Kalau di dalam ruangan rumah harus  ada jendela ( point 2 )
  5. Tidak ada perabot yang bisa bersentuhan langsung dengan rak atau terjangkau oleh semut.
  6. Jauhkan dari bising dan jangkauan anak-anak
Ada enam point syarat utama ruangan / tempat / kandang ternak - tangkar yang perlu anda penuhi dalam memulai beternak semut rangrang penghasil kroto. 

Intinya tempat / ruangan ternak - tangkar tersebut BUKAN AREA LALU LINTAS seperti dekat kamar mandi dekat dapur yang rutinitas keseharianya selalu di lewati penghuni rumah. Karena insting semut rangrang sangat peka dengan suara. ( Mereka tidak mau di ganggu juga tidak mau mengganggu ). 

Poin kedua BERSIH. dalam hal ini sirkulasi udara baik keluar masuknya jadi kalau di dalam ruangan harus ada jendela. Karena semut rangrang memang menyukai udara bersih

Point ketiga harus terlindung dari PANAS MATAHARI secara langsung juga terhindar dari terpaan AIR HUJAN
Maka di butuhkan ATAP bagi anda yang sengaja meletakkan kandang ternak di luar ruangan rumah. 

Masalah atap juga tidak harus terbuat dari bahan-bahan mewah seperti genting, seng, asbes dan lain-lain. Bagi teman-teman di luar pulau jawa setahu saya dan yang memang tergabung di LKP. Laskar Kroto pakai atap yang terbuat daun nipah / daun sagu.Rekan- rekan di pulau Jawa pakai atap seng bekas beli di pengepul barang bekas.

Poin selanjutnya TIDAK ADA PERABOTAN yang bisa bersentuhan langsung dengan rak atau terjangkau semut. Karena akan di pakai semut melarikan diri. Minimal jarak satu jengkal atau lebih kalau terpaksa anda campur dengan gudang barang-barang. Ingat semut rangrang adalah binatang pintar yang bisa melakukan bunuh diri sebagian untuk menyelamatkan banyak teman-temannya yang lain. Bisa juga membuat jembatan dengan sistim bergelantungan mengait satu dengan lainnya.

Dan poin terakhir jangan terlalu BISING. misal di sebelah kandang ternak ruangan anda. Dan anda memutar musik kencang-kencang. sangat berpengaruh di proses adaptasi serta perkembangbiakan semut tangkaran anda. Bagi yang punya si kecil tolong juga jangan sampai si kecil masuk ke ruangan tanpa pantauan anda. Tidak saya jelaskan akibatnya. Cuma anda akan di buat sibuk itu aja, bila si kecil menumpahkan satu toples.

Hanya itu saya kira postingan untuk saat ini........ kali lain kita sambung dengan tips / trik yang lain.

Terima kasih sudah berkunjung dan membaca tulisan saya semoga bermanfaat. Amien.

Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Memulai Ternak Kroto Bagian 3

0 comments:

Post a Comment