Monday, June 18, 2012

Tips Seputar Ternak Kroto Bagian 2

TIPS CARA MENGAMBIL INDUK KROTO DARI ALAM 

Cara Mengambil Induk Kroto Dari Alam 
  1. Jangan buru-buru membawa peralatan, lakukan survey lokasi terlebih dahulu. Tanya teman atau tetangga yang sering bepergian di mana banyak semut rangrang. Atau sembari jalan-jalan anda melakukan survey sendiri tempatnya.
  2. Jangan mencampur indukan kroto yang berbeda lingkungan waktu anda mengambilnya dari alam. Maksudnya begini.....Misal anda sudah siapkan 10 tempat di rumah...usahakan semaksimal mungkin anda juga bisa mendapatkan jumlah sarang sama yakni berjumlah 10 sarang semut di satu lingkungan. Jangan 5 sarang di tempat A , 5 sarang lagi di tempat B. Lalu sampai rumah anda campur di suatu tempat yang sama. Kenapa sih kok saya melarang. Hampir 98% saya yakin dua kubu semut dari kubu tempat A dan kubu tempat B akan berantem alias perang.Sayang kan kalau banyak yang mati semut-semutnya. Kenapa hal ini bisa terjadi..?? saya sendiri kalau di suruh menjelaskan secara ilmiah TIDAK BISA. yang terpenting bagi saya Menghormati alam, saya dapat hasil dari penjualan kroto. Urusan ilmiah atau tidak ilmiah sudah ada pakarnya sendiri dengan teorinya masing-masing.Kita sekedar bderhati-hati dan sedapat mungkin menghindari kegagalan beternak kroto. OK Kawan.....!!! Akur Kan...Dengan pendapat saya ?
  3. Kalau sudah survey dan sudah dapat target serta tahu gambaran jumlah berapa yang anda akan ambil. Tahap selanjunya menyiapkan alat.Nah.....ini...Apa saja sih alat-alat yang perlu anda siapkan dalam memindahkan komunitas koloni semut di alam ke kamar barunya yang sudah anda siapkan di rumah anda. : 
  • Ajak satu atau dua teman untuk menemani anda.
  • Bawa tangga untuk antisipasi
  • Bawa bambu kecil panjang sebagai penyangga ( jawa : gantar )
  • Sabit
  • Sak / karung ukuran sedang ( eks. Pupuk urea / Triple dll ) SATU SARANG DI MASUKKAN SATU KARUNG
  • Tepung kanji secukupnya dan abu gosok ( antisipasi anda takut di gigit  semut rangrang) UNTUK ABU GOSOK JANGAN LANGSUNG DI SEBAR KE SARANG KARENA DI MUNGKINKAN SEMUT AKAN MATI. KEGUNAAN ABU GOSOK...BARANGKALI ANDA MEMANJAT POHON UNTUK MENGHARDIK SUPAYA SEMUT PERGI BARU GUNAKAN ABU GOSOK TERSEBUT. ( Ingat : Jangan sampai abu gosok apalagi dari sisa pembakaran hasil dapur tradisional untuk mempercepat kerja anda mendapatkan induk kroto )
  • Sarung tangan karet bila perlu
Jangan takut di gigit semut rangrang, sepengetahuan saya semut rangrang tidak bahaya gigitannya cuma panas sebentar saja. Bagi tugas anda dengan teman yang anda ajak. siapa yang memotong ranting, siapa yang bertugas mengambil sarang yang terpotong tadi dan satu teman lagi bertugas membuka karung sekaligus menali. ( Bisa kerjasama dua teman di bawah.)

Cukup sekian dulu Tips Cara mengambil Induk Kroto dari Alam. Sampai jumpa di Tips-Tips Selanjutnya.

        Salam Sukses.


Share on Facebook
Share on Twitter
Share on Google+

Related : Tips Seputar Ternak Kroto Bagian 2

0 comments:

Post a Comment